Minggu, 21 Desember 2008

BAGAIMANA CARA PERSENTASI ANDA EFEKTIF ??

Saat anda baru pertama kali bergabung dengan sebuah perusahaan MLM, NETWORK MARKETING dll, apa yang paling sering anda tanyakan ? Bagaimana sih persentasi / memperkenalkan bisnis kita ke orang lain sehingga mereka mau join / bergabung ?

Di awal menjalankan bisnis ini, persentasi memang pekerjaan paling ditakuti karena pastinya kita takut ditolak orang. apalagi ditambah pengalaman beberapa kali ditolak. Wah, sama dengan saya ketika pertama kali menjalankan bisnis ini,persentasi adalah hal yang paling menakutkan. Tetapi seiring waktu dan keyakinan yang kuat bahwa saya akan berhasil menjalankan bisnis ini maka ketakutan bertemu orang banyak untuk memperkenalkan bisnis ini dan mengajak mereka untuk bergabung akhirnya hilang begitu saja.

Sebenarnya ilmu persentasi sudah ada di buku panduan atau pun kaset yang kita dapat sewaktu bergabung, tetapi kadang kita kurang mengerti atau kita terlalu mengerti sehingga kita lupa dengan aturan mainnya. Sebetulnya PERSENTASI itu memang mudah bahkan sangat mudah tetapi yang susah itu adalah menjawab pertanyaan orang. Sebenarnya ilmu persentasi itu tidak lah cukup diringkas dalam kaset atau buku, karena fakta dilapangan terlalu kaya dengan ribuan kemungkinan yang perlu kreatifitas kita menyikapinya.

Ada beberap tips agar persentasi kita berhasil / sukses.
  1. Apa yang kita tawarkan ?? Aspek pertama ini tidak menjadi masalah bagi kita. Kita memutuskan bergabung dengan sebuah perusahaan network marketing, tentu sudah memilih dan tahu produk yang kita pakai atau pasarkan.
  2. Bagaimana cara anda menawarkan ?? Bagaimana tutur kata anda, pakaian anda, bahasa tubuh anda antusiasme anda dll. Semua ini berpengaruh untuk meyakinkan seseorang kepada tawaran anda. Nah, ini membutuhkan kemauan anda untuk lebih sungguh - sungguh belajar persentasi yang baik dan cara melakukannya. Ya, tidak ada jalan lain selain harus melakukannya langsung dengan orang lain. Bicara atau sikap itu adalah hasil kebiasaan. Kalau anda sering melakukan persentasi maka persentasi anda semakin baik.
  3. Siapa yang menawarkan ?? Inilah kunci terpenting menjalankan bisnis ini. Setinggi apa integritas kemampuan anda di mata prospek ?. Apakah anda orang jujur atau orang yang main - main atau sering bohong???. Kalau andan punya record bagus maka anda akan lebih mudah dipercaya dan anda akan lebih mudah memasarkan produk anda atau mengajak orang lain bergabung dibisnis kita.
Ya,demikian sedikit tips dari saya semoga bermanfaat bagi teman - teman yang telah bergabung dibisnis network marketing untuk lebih semangat dan tidak putus asa dalam menjalankan bisnis ini.

Saran saya agar bisnis network marketing anda berkembang, maka "LAKUKAN LAH PERSENTASI MINIMAL 1 KALI PERHARI "

Kalau kawan - kawan punya komentar atau saran silahkan tinggalakan di kotak komentar..

by : P.Gatot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar